Sunday, October 14, 2018

Alat Musik Tradisional dari Jawa Tengah

Indonesia sangat kaya akan seni dan budaya, yang patut kita jaga dan lestarikan, agar anak cucu kita kelak dapat merasakannya. Seperti Jawa memiliki keistimewaan,buktinya beberapa alt musik tradisional yang masih dijaga hingga kini kita dapat menjumpainya. Nah, berikut beberapa alat musik tradisional dari Jawa Tengah disertai gambar dan keterangannya : 

1.Kendang 


Kendang merupakan alat musik tradisional Jawa Tengah yanng terbuat dari kulit hewan dan kayu yang cara memainkannya ditepak menggunakan telapak tangan . sehingga alat musik ini, menghasilkan suara yang menjadi petanda bagi para pemain alat musik gamelan lain untuk mengatur irama lagu atau tempo. 

Ada beberapa jenis kendang, seperti : 
1.Ketipung, yaitu kendang kecil. 
2.Ciblon atau kebar, yaitu kendang yang menengah . 
3.Kendang gedhe atau kalih, merupakan pasangan kendang ketipung. 

2.Bonang 

Merupakan alat musik yang dimainkan dengan cara dipukul, yang terbuat dari logam seperti kuningan, perunggu, dan besi. Alat yang digunakan untuk memukul bonang terbuat dari kayu yang yang dibalut kain atau karet disbut bindhi. Bonang memiliki dua jenis yaitu bonang barung dan bonang penerus. Bonang barung yaitu bonang berukuran besar yang berfungsi sebagai pembuka atau penuntun iringan musik. Sedangkan bonang penerus yaitu bonang berukuran kecil yang digunakan pada waktu tertentu. 

3.Saron 


Saron atau yang disbut ricik adalah instrumen yang terbuat dari lembarn-lembaran logam dimainkan dengan cara dipukul dengan alat yang terbuat dari kayu. Saron bagian alat musik gamelan yang masuk dalam keluarga balungan. Saat kita memainkan alat ini, wilahan harus dipencet atau dipathet guna menghentikan degungan sebelum wilahan lainnya dipukul. 

4.Demung 


Demung adalah saron yang berukuran besar yang dimainkan dengan cara dipukul dengan alat pukul khusus. Demung dibagi menjadi dua jenis yaitu, demung slendro dan demung pelog yang letak perbedaanya ukuran dan bunyi yang dihasilkan. 

5.Kenong 


Instrumen yang berfungsi sebagai penegas sebuah iringan musik dalam permainan gamelan disebut kenong. Kenong bentuknya sama persis dengan bonang dan dimainkan dengan cara dipukul. Fungsi lain kenong ialah sebagai penentu batas-batas gatra dan menegaskan irama. Dilihat dari kebiasaan yang ada kenong jumlahnya 10 buah. 

6.Slenthem 


Alat musik tradisional Jawa Tengah yang dimainkan untuk menghasilkan dengungan rendah atau gema. Dengungan ini akan mengikuti nada saron dan balungan bila ditabuh. Slenthem memiliki versi slendro dan pelog . Wilahan slenthem pelog umumnya memiliki rentang nada C sampai B, sedangkan slenthem slendro C, D, E, G, A, C. 

7.Gambang 


Gambang terbuat dari bahan kayu dan difugsikan sebagai perenggang lagu. Alat musik yang berbentuk rangkaian 20 bilah nada yang dimainkan dengan cara dipukul dengan tabung khusus. Gambang biasanya digunakan dalam kesenian gambang kromong betawi. 

8.Gong dan Kempul 


Gong dan Kempul adalah sebuah instrumen keras yang terbuat dari tembaga atau timah yang dimainkan dengan cara dipukul. 

9.Siter 


Alat musik yang dimainkan dengan cara dipetik. Sumber bunyinya berasal dari string atau kawat yang menghasilkan nada-nada harmonis untuk memperindah untaian musik gamelan. Siter ada dua jenis , siter penerus (kecil) dan siter clempung(besar). 

10.Suling 


Suling pasti sudah tidak asing lagi di dengar di telinga kita. Yang dimainkan dengan cara di tiup menghasilkan nada-nada yang laras dan mampu melengkapi harmonisasi dari bunyi alat musik lainnya. Suling terbuat dari bambu. 

Sebenarnya masih banyak lagi, namun hanya beberapa alat musik dari Jawa Tengah yang dapat saya sampaikan. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita semua, bila ada saran tuliskan di komentar. 

About the Author

ekadilajuniarti

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 comments:

Post a Comment

 

Ragam Budaya © 2015 - Designed by Templateism.com, Distributed By Blogger Templates