Monday, October 15, 2018

Tari Gambyong dari Jawa Tengah


Tari gambyong merupakan tari tradisional dari daerah Surakarta, Jawa Tengah yang pada awalnya hanya sebuah tarian rakyat atau tarian jalanan. Tari gambyong dipertunjukkan pada saat upacara penen dan saat akan menanam padi. Tari ini merupakan tari kreasi baru dari tari tayub. 

Tari gambyong dipercaya untuk memanggil Dewi Sri atau Dewi Padi agar diberikan keberkahan terhadap sawah mereka dengan hasil panen yang melimpah. Nama gambyong daiambil dari nama penari kondang, Sri Gambyong. Sri ini memiliki suara merdu dan keluawesan dalam menari sehingga membuat perhatian orang banyak.

Tarian ini dijadikan sebagai hiburan dan penyambutan untuk para tamu. Seiring perkembangan zaman, tari gambyong dipentaskan di kalangan masyarakat dan menjadi tarian tradisional Jawa Tengah.

Dengan adanya perkembangan, tari gambyong menghasilakan beberapa jenis tarian gambyong, yaitu gambyong alun-alun, gambyong gambirsawit, gambyong dewandaru, gambyong mudhatama, gambyong sala minulya, gambyang apangkur, dan gambyang campursari.

Gerakan Tari Gambyong

Pada tari gambyong umumnya dilakukan pada garis dan gerakan lebih besar. Terdapat unsur estetis dari gerakan tari ini terletak pada kekompakan para penarinya. Penari tersebut akan menggerakan tangan , kaki, dan kepala secara bersamaan. Sedangkan, gerakan mata selalu mengikuti gerakan tangan yang menjadikan tarian ini harmonis.


Pada umumnya pertunjukkan dibuka dengan gending pangkur, gending ini bagian maju beksan artinya nyanyian untuk mengundang para penari naiik ke atas panggung. Ada bagian pada tari gambyong yaitu, maju beksan, beksan, dan mundur beksan.

Busana atau Kostum Tari Gambyong

Penari gambyog menggunakan kemben yang bahunya terbuka sampai ke bagian dada dan kain panjang sebagai bawahnya yang bermotif batik. Selain itu, menggunakan selendang bewarna kuning sebagai pelengkap. Agar terlihat cantik dan mempesona, sebelum tampil pera penari di rias wajahnya.

Musik Pengiring Tari Gambyong
Tari gambyong diiringi dengan alat musik gamelan dan lagu jawa. Kemudian, gong, kenong, gambang dan juga kendang selalu dimainkan bersama dengan gerak penari gambyong. Disisni, kendang dijuluki sebagai otot tarian tari gambyong, karena menjadi panduan bagi para pemusik lainnya dan penari untuk melakukan gerakan tertentu.

Sekian penjelasan tentang Tari Gambyong, semoga dapat menambah pengetahuan.

About the Author

ekadilajuniarti

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 comments:

Post a Comment

 

Ragam Budaya © 2015 - Designed by Templateism.com, Distributed By Blogger Templates