Sunday, October 14, 2018

Tari Topeng Betawi Tari Tradisional Jakarta

Kota Jakarta memiliki banyak tarian khasnya seperti tari ondel-ondel dan tarian unik lainnya. Sekarang, yang kita bahas adalah Tari Topeng Betawi, berikut ulasannya : 


Tari Topeng Betawi merupakan tarian adat betawi dari Jakarta yang menggunakan topeng sebagai ciri khas dan di percaya bisa menjauhkan dari mara petaka. Tari ini bersifat teatrikal dan komunikatif lewat gerakan serta merupakan perpaduan antara seni tari, musik, dan nyanyian. Awal mula tari ini dipentaskan secara keliling oleh para seniman dan biasanya di undang sebagai pengisi acara pesta pernikahan dan khitanan. 

Dalam pertunjukannya, Tari ini diawali dengan lagu yang diirinngi oleh musik pengiring. Kemudian, para penari keluar sambil menari menggunakan topeng. Tema yang dibawakan tergolong variatif seperti kehidupan masyarakat,cerita legenda, kritik sosial, serta cerita klasik lain dan gerakannya mengikuti tema yang dibawakan. Tari bersifat teatrikal, jadi pesan yang disampaikan melalui gerakan para penari. Biasanya di iringi alat musik tradisional betawi seperti gendang besar, rebab, kromong tiga, kecrek, kempul, kulanter, dan gong buyung. 

Kostum yang dipakai juga mengikuti tema yang dibawakan dan busana khas betawi. Untuk penari pria menggunakan pakaian hitam, kaos oblong, kain sarung, dan celana panjang. Bagian kepala menggunakan ikat kepala atau peci. Penari wanita menggunakan kebaya, kain panjang, dan selendang. Di bagian kepala memaki mahkota warna warni (Kembang topeng) dan menggunakan topeng untuk menutupi wajah. Topeng yang dipakai penari terbuat dari kayu, yang ditempelkan ke wajah dengan cara di gigit di bagian topengnya. 

Ada 3 hal yang penting dan wajib dilakukan oleh para penari, yaitu :
1. Pertama harus luwes dan lemah gemulai ( gendes).
2. Wajah penari harus ceria dan tidak boleh kelihatan sedih saat menari.
3. Terakhir, lincah dan bergerak bebas yang harus dikuasai. 

Selain untuk acara pernikahan dan khitanan , tari topeng betawi juga sering dipentaskan pada acara besar adat betawi di Jakarta. Berkembangnya tarian ini, sehingga banyak variasi dan jenis misal tari lipet gandes, tari topeng tuggal, tari gegot, tari topeng putri, tari topeng cantik, tari kang aji, tari topeng ekspresi, dan tari enjot-enjotan. 

Sekian ulasan mengenai Tari Topeng Betawi, semoga menambah wawasan dan bermanfaat.

About the Author

ekadilajuniarti

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 comments:

Post a Comment

 

Ragam Budaya © 2015 - Designed by Templateism.com, Distributed By Blogger Templates